Jumat, 19 Maret 2010

Tips mudah mulai menulis Skenario

Caranya memulai untuk menulis skenario gampang banget. Tapi sabar, jangan buru-buru buat skenario dulu, bertahap aja. Bukan berarti "alon-alon asal klakon" tapi, "cepat, tepat, dapat."

Tahapannya begini :
  1. Cari ide atau tema cerita apa saja yang menurut kita menarik
  2. Jangan lupa tentukan genre atau jenis cerita yang akan kita buat.
Saya jelaskan lagi lebih rinci :
  • Mencari ide atau tema cerita itu bisa dimulai dari mana saja.
  • Maksud saya, tuangkan apa saja khayalan yang ada di kepala kita. Bisa tentang lingkungan hidup, politik, sosial, juga budaya. Banyaklah macam ide yang bisa kita buat. Tapi saran saya, buat tema cerita yang lagi "HOT" (banyak di sukai saat ini).
  • Menentukan genre atau jenis cerita.
  • Hal ini perlu diperhatikan untuk memulai menulis. Tantukan kita mau menulis jenis cerita apa? Horor, komedi, detective, percintaan atau yang lainnya. Jangan lupa kalo bisa sekalian sasaran ceritanya mau kita tujukan untuk kalangan apa? Dewasa, remaja atau anak-anak. Karena jangan sampai kita salah nantinya. Kalo sampai kita nanti menawarkan cerita anak-anak tapi ternyata ada bumbu cerita dewasanya kan ga bagus jadinya. Sebenarnya banyak ketentuan yang mesti kita pahami lagi, tapi itu nanti saja. Untuk awal menulis cukup kreteria ini.
Kalo sudah paham ayo mulai menulis sinopsis (ringkasan cerita) nya. Buat sebanyak yang kita bisa. Setelah jadi minta teman, kakak, adik, atau orang lain untuk membaca hasil cerita yang kita buat. Dengarkan semua ungkapan mereka. Dingat, atau catat dalam catatan kita semua tanggapan mereka, tapi jangan tersinggung kalau di kritik. Anggap saja semua tanggapan dari pemirsa, dan jadikan sebagai kritik membangun. Setelah itu pelajari apa yang kurang. Sebagai referensi bandingkan sinopsis (ringkasan cerita) kita dengan milik penulis lain yang sudah berhasil.

Mudah-mudahan cerita kita banyak disukai, amin ...

see u next tips ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar